Review ‘Halo Balita’

Saya lumayan sering beliin buku buat abi, baik beli di toko buku maupun secara online. Tapi beberapa kali buku buku yang saya beli ternyata gak sesuai ekspektasi. Misalnya buku terjemahan terbitan luar, secara kualitas gambar & cetakan emang rata2 bagus banget, ilustrasinya lucu2, dicetak dikertas yang bagus juga, tapi harganya jadi agak mahalan &yang paling gak sreg adalah konten ceritanya, saya ngerasa beberapa ndak cocok sama kondisi or kebiasaan anak/ orang Indonesia. Contohnya, memanggil orang dewasa dengan sebutan nama yang di tradisi barat kan emang demikianlah adanya. Nah, beberapa buku2 terbitan lokal yg saya beli, kualitas ilustrasinya gak selucu buku anak terjemahan, dan kadang bahasanya atau narasi nya kepanjangan, & kurang ‘anak-anak’.

Sebenernya saya beli Halo Balita ini udah lama .. tapi lagi pengen ngereview, krn mrt saya buku ini oks banget . Sebelum memutuskan untuk beli udah lama baca baca, baik review para moms, maupun deskripsi penjualnya. Setelah beberapa kali maju mundur karna harganya yg ‘yahut’ itu , akhirnya dapet angin segar dengan diadakannya sistem arisan, lumayan sangat membantu. Oya, saya belinya di mbak Ratih,from aliska’s store.

  • 1.       Ukuran

Cukup handy, gak terlalu lebar, maupun terlalu kecil pas ditangan. Jadi enak kalo buat bacain sambil tiduran, gak susah megangnya. Abipun gak kesusahan, krn dia udah mulai suka ngoceh2 ‘baca’ buku sendiri.

  • 2.       Kualitas kertas & cetakan

Dicetak diatas karton tebal, jadi gak gampang sobek, dan lapisan kertas glossynya bikin gak gampang kotor. Secara anak2 batita kan masih heboh kontrolnya, megang apa2 bawaannya rusak mulu, belom lagi kalo ketumpahan makanan or minuman.

  • 3.       Ilustrasi

Cukup lucu, gak terlalu rame, tapi tetep colouful dengan gambar karakter tokohnya cukup gede dan jelas, gambar suasana or situasi yang menggambarkan cerita juga jelas, gak terlalu banyak aksesoris yang kadang jadi malah mengganggu.

  • 4.       Konten cerita

Cerita2 ‘susah’ misalnya tentang moral & pendidikan agama, disampaikan dengan bahasa yang sangat sederhana., dengan narasi yang pendek2& huruf2 yang tebal. Narasi yang pendek2 mrt saya cukup penting, karna anak batita & balita tingkat perhatiannya masih sangat pendek. Jadi kalo kelamaan dibacain narasi dianya jadi bosen karna bisa dipastikan gak ngerti sebagian or sebagian besar yang diomongin or dibacain, since bahasa buku (walo sederhana), masih tetep bahasa yang lebih formal dibandingan bahasa yang dipakai sehari2. So kalo narasinya pendek, kita jadi bisa improvisasi sendiri dengan ngasih penjelasan sesuai bahasa yang dipakai sehari2.

Satu lagi, buat balita yang udah mulai belajar baca (karna sekarang kayanya udah banyak ya usia balita mulai diajarin baca), buku ini bisa dijadikan salah satu sarana tambahan. Dengan kata2nya yang sederhana, belajar ngejanya juga jadi gak susah.

  • 5.       Bonus

Halaman PopUp

Di halaman buku paling belakang ada semacam pop upnya, walopun bentuknya sederhana, gak serumit buku cerita yang khusus pop up, ternyata ini jadi keasyikan sendiri buat abi, yang jadi asyik buka tutup sambil tepuk tangan heheh ..Btw, pernah beliin buku cerita pop up (yg pop upnya rame banget) buat abi, malah jadi nyesel karna jadi gak ‘berumur’, bukannya tertarik sama ceritanya eh malah sibuk main mainin & berakhir dengan sobek berkeping2 hiks..

Boneka karakter ‘Sali, Saliha plus si kucing Mio’

Sali & Saliha, adalah karakter or tokoh cerita di semua buku, bonusnya berupa boneka tangan, so sambil cerita bisa sesekali dimainin utk menambah improvisasi, dilengkapi juga sama box buku yang bisa dijadiin panggung boneka. Wah, abi sukaaa banget sama boneka2 ini, jadi suka mainin sambil bikin dialog sendiri hihihihiihh..

Ok deh, segitu aja review amatirannya, secara keseluruhan buku ini recommended, worth it lah kalo mau nabung2 dulu . Kekurangannya menurut saya bisa dibilang gak ada ya, selain harganya hehehh .. cuman mrt saya kalo ada versi umumnya mungkin lebih baik, maksudnya buku ini kan ditujukan khusus untuk anak2 muslim,  ada temen saya yang non muslim sebenernya tertarik tapi tentu aja ndak bisa beli .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s