the wedding reviews

Savitri Wedding

Gw mau sekit kasih review tentang beberapa vendor yang ada di kawinan gw,.. Well mungkin lebih tepat dibilang curhat kali ya, karan sebenranya sih gak banyak yang di reviews since keseluruhan acaranya sederhana aja Berhubung Mesti ngesuaikaeun sama kantong heheh..
Darai awal kita dah sepakat buwat membiayai sendiri, patungan berdua aja, no parents include, tadinya malah kitanya penegn gak pake apa-apa aja, nikahan aja dan sekikit syukuran buat keluarga, but since ortu rutama nyokap ..pengen banget ada resepsi karna gw anak pertama, dan biar bisa sekalian ngumpulin kluarga besar yg dah jarang banget ketemu..

So abis ngtung2 bakjet kasarannya en sedkit nanya2 sana sini…ngintip dompet masing2, so kita berdua ngrasa ok kayanya bisa nih.. tapi ya musti kudu hrs di pres sana pres sini..

Setalah deal sam hari H nya, mulai lah bongkar-bongkar harta karun masing-masing,, dutit diatas lemari, dibawah kasur, di celelngan ayam, en cek-cek kanotong clana en baju kali-kali aja nemu serebu dua rebuwπŸ˜€

Total seluruh persiapan sampei hari H nya sekitas 6 bulan..
Ennn ..yang lebih pusing adalah guwwe  .. since my hubi harus pergi karna kerjaan kantor en belive it or not baru bisa balik indo sekitar 2 weeks before the day.. huahh lumayan sprott jantungg.. so karna keadaan ituw, jadi lah hrs gw yg ngurusin sorangan., but karan gw tinggal di Jakarta sementara seluruh acara nya diadakeun di Surabaya tempat ortu gw jadi gw banyakan yang jadi pemikirnya milih2 vendor nya, ngrancang acarnya mesti gimana2, bikin time sheet dll en yang mengeksekusi adalah nyokap gw di sby.. but walo gak ikut keluyuran but tetep aja ribet bin pusing, pertamanya gw gak tau mesti harsu mulai darimana…
Mungkin kaya kebanyakan capeng laennya, ge mulai dari rajin beli majalah2 wedding, browsing2 intenet, & ikut segalam macem milis wedding, alhamdulllah ada fasilitas internet kantor yg cepet nan gratisπŸ˜€ sip dah klo soal perinternetan.. trus gw juga rajin dateng ke pameran2 wedding, but betenya klo dateng ke pameran suka ngenes ngeliat mereka yang dateng pasangan, sementara gw sendirian .. suka ditanyain pula sama mbak2nya ..iihhh

Alhamdullilah dengan segala keterbatasan kami, akirnya seluruh acar berjalan lumayan sukses, walopun masih ada insiden-insiden ken friksi friksi ecil disana sini .. yang mungkin emang gak bisa dihindari

Dan ini lah sedkit reviewnya.

Gw ngerasa walpoun acara nya sederhana dengan budjet yang mana amat sanat meffeett, menurut gw , perias gak bisa gak, jadi hal yang utama .. penganten pastinya pengen yang cantik dong, gak bisa biasa-bisa aja heheheh..
Tadinya gw mau gak danadn pake adat but, pake nasional aja walopun pake kebaya, gak pake adat jawa yg dandan pake paes itu, karna gw sih mikirnya klo gak pake paes (itm-item dijidat) gak perlu harus nyari perias yang top top banget, but karna banyak yang bilang klo orang jawa manten harus dandanan jawa banget, klo nasional gitu aja kan bisa dandan kapan aja, klo ke kondangan or ke pesta, lain klo pake paes yang istilahnya sekali seumur hidup…ge mikir hmmm bener juga sihh..
Klo pake paes menurut gw harus beneran nyari perias yang udah teruji & bereputasi, karna gw sering ngeliat perias yang sebenarnya sama sekali bukan ecek-ecek, namanya dah ada di banyak majalah wedding, klo ngerias biasa/ nasional hasilnya bisa bagussss banget, cuantikk abis, but giliran ngerias jawa kok kayanya piyeeee gitu, kurang apa lah.. malah ada yang jadi β€œaneh”.. duh serem kan..
Emang orang-orang sih bilang klo perias jawa itu, gak hanya ngerias tok tapi kaya ada sedikit klenik2 jawa nya gitu lah.. pake puasa dll..biar bisa manglingi katanya.. tapi yah percaya gak percaya sihh.. emang gw sering ngeliat manten yang manglingi banget padahal sehari-harinya biasa aja, and ada manten yang yahh cantik sih, tapi yah rasanya gak β€œlaen” gituw…
So intinya gw paksain deh pake perias yang lumayan bernama di Surabaya, walo ngeri pas ngeliat angkanya hikss ..
Perias Savitri ini konon kabarnya dah luamaa banget, dulunya yang ngerias ibunya, sekarnag ibunya dah gak megang lagi, udah diterusin sama anaknya.. semua anaknya bisa ngerias but yang paling bagus tuh anak perempuanya nama nya mbak savitri milosrini, panggilannya mbak milos, and sekarang nama mabk milos ini yang dijadiin brand sanggar riasnya.. ketulan ibunys temennya tante gw and anaknya tante juga temenny mbak milos ini, so sebenrany kita dah di kasih harga yang speciall banget, diskon san diskon sini, kata tante gw klo gak diskon2 gini harnya bisa 2 kali lipetnya or lebih … wuahhhh, ini aja gw dah maksain ..

Tapi emang pas kunjungan pertama ke sanggar riasanya, emang dah brasa yakin klo hasilnya pasti terjamin, ngeliat foto2 hasil riasannya cuantik2 banget, en ngeliat kebaya2 nya juga keren2… model2 kebayanya yang ala anne avantie gitu, keren2 en cantik2..

Untuk kebaya resepsi gw lebih prefer sewa daripada bikin.. alas an utamanya yah pastinya soal budjet dong.. but klo pun misalnya ada dana, gw ngrasa agak sayang yah klo bikin kebaya yang kayanya agak susah klo mo dipake lagi, karan kebaya mantenan gitu kan mewah banget modelnya, klo dipake buat kondanganpun kayanya terlalu heboh.. apalagi harganya kan dah pasti jutaan..
Beruntung gw bisa sewa perdana, kebayanya aru, so dibikinnnya dengan ukuran gw, jadi pas makenyua.

Yang agak sedikit gak sreg menurut gw, periasnya tuh kurang ngopeni klo orang jawa bilang, krang care gitu lah , jadi klo konsultasi banyakan dilayani sama asitennya, klo mbak milos nya paling nemuin bentar trus detil2nya sama asistennya, kayanya orang sibuk banget, beberapa kali kita dateng seringnya gak bisa ketemu langsung sama mbak milosnya, karna dia nya jarang ada.. orangnya sih emang pendiem banget jadi gak kliatan keibuan kaya biasanya perias2 yang dah ibu2, klo asistennya emang kliatan lebih care & talkative.
Gw gak tau apa karna orangnya yang emang pendiem gitu, or karna emang udah jadi tugas si assiten untuk ngelayanin lebih detail.

But saat hari H-nya, seluruh tim savitri wedding emang kliatan sangat professional, dateng tepat waktu, and selesainya juga tepat waktu, semua property & pernik2 juga dah siap, kliatan lah klo emang well prepare.

Overall, untuk vendor ini gak diragukan deh, terjamin layanan & kualitas riasannya.
Hasilnya halus gak medok, en yang penting paesnya sangat rapi, pas & kliatan proporsional di wajah gw, jadi gak kliatan aneh, seperti yang gw kawatirin sebelomnya.
Warna-warna untuk make upnya, kaya eyeshadow, lipstik en blush on nya juga sangat pas, gak terlalu tebel, (kaya biasa yang terjadi untuk riasan jawa yang sering make warna tua), soft tapi tetep β€˜kliatan’. Sanggul kode jawanya juga pas banget gak terlalu gede, pas dikepala, gak terlalu tinggi or turun juga.
Kebaya nya cantik, pas sama warna biru yang gw mau, en serasi sama warna biru seragam panitia & kluarga.
Modelnya gak telalu heboh tapi tetap keren, payetnya nya juga keren, penuh & permainan gradasinya pas, corak bunga2nya jadi kliatan hidup.

Seluruh panita and keluarga diriasnya juga sama tim savitri wedding, hasilnya cantik2 semua, riasanya gak ada yang medok malah kliatan manglingi semua, padahal kan klo untuk panitia ngeriasanya suka asal.Gw beberapa kali didandanin jadi panitia untuk kawinan sodara, padahal periasnya yg top banget, tapi dandanan panitianya .. gak banget..jadi ky lenong or ketoprak humor 
tapi ini gak, semuanya rapi & cantik, hasilnya kaya ampir sama kaya riasan setaraf martha tilaar salon gitu, gak nyangka deh klo buat panitia aja bisa sebagus itu.

Gedung : Ruang Al-Marwah Masjid Agung Al-Akbar

Untuk ini, gak bisa kasih reviews banyak, karena terus terang , sebelum hari H gw sama sekali gak sempet berkunjung, but dari dulu emang gw bercita-cita kalau nikah pengen di mesjid agung ini, karena selaen tempatnya emang bagus, interior & eksterior mesjidnya yang wuapikk tenan, trus lokasinya & fasilitasnya menurut gw juga cukup representative, gampang diakses, & parkirnya luas, kayanya gak mungkin sampe susah parkir deh, en soal kebersihan juga terjamin, di bagian mesjid, ruangan2 lain, juga toiletnya. Untuk harga sewanya pun menurut gw relative murah, karna untuk harga sewa yg hampir sama or yang sedikit dibawah nya, fasilitas kalah jauh, so dari awal gw dah manteb pake venue ini.
Di mesjid agung ini ada beberapa ruangan serbaguna yang bisa disewa, namanya sih serbaguna tapi kepakenya selalu untuk acara resepsi, ada ruangan AC en non AC.
Tadinya gw pengen acara akad nikahnya juga disini, jadi setelah selesai akad langsung naik ke tampat ruangan untuk resepsinya, but ortu gw gak setuju, menurut mereka akad nikah tuh harus di rumah, lebih barokah, ya dah deh gw nurut aja, asal tujuannya baik.
Walopun akad nikah dan resepsi dalam 1 hari, alhamdullilah bisa lancar juga, walopun jamnya agak mepet akad nikah dirumah jam 07.00 pagi & resepsi jam 10.30 pagi, beruntung karna rumah gw gak jauh dari mesjid agung ini cuman sekitar 15 mntan lewat tol, dan untungnya, jalanan menuju nya bukan daerah macet.

Secara keseluruhan, gw gak bisa ngasih banyak reviews since gw gak ikut ngurus2 kegedung, yang mana semuanya diurusin nyokap gw.
Mungkin untuk nilai minusnya, ini menurut nyokap gw juga, adalah jumlah kursinya, walo acaranya adalah standing party kaya kebanyakan resepsi yg lain, tapi tetep disedian juga kursi2 untuk keluarga disamping kiri kanan panggung & beberapa untuk tamu, but kata nyokap di perjanjiannya jumlah kursinya minimal 100 buah, tapi pas hari H nya kayanya kliatan gak sampe 100 gitu. Kita sih gak sempet ngitungin emang, since waktu yang mepet, walo ada sodara yang stand by di gedungnya pagi2 buat ngecek2 persiapannya, but mungkin gak kepikir juga untuk hal yang kecil2 nya.

Gw sengaja bikin acara dalam 1 hari, karan selaen alasan dana, gw juga pengen praktis aja, biar repotnya sekalian dan langsung selesai, dan kebetulan juga memungkinkan untuk dibuat 1 hari, since jarak rumah & tempat resepsi yang gak jauh.
Sebenernya emang banyak yang bilang kalau akad nikah sebaiknya dilakukan pas hari jum’at, sunnahnya, but karna masalah dananya yang harus dipikirken bener, akirnya kita semua setuju kalau dibuat hari minggu pagi aja sebelum resepsinya, kita pikir semua hari baiklah, asal niatnya baik juga kan.

Dekorasi : Savitri Wedding

Untuk dekorasi gw cuman pake untuk pelaminan and area gedung, kamar penagntin, en meja akad nikah, buat rumah keseluruhan gak pake dekorasi.
Untuk ini gw juga pake dari savitri, selaen mau prakti,s tentunya karna dapet harga khusus juga.
Secara keseluruhan gw puas sama pelayanan nya saviti, walopun dikasih diskon yang lumayan gede, tapi kualitasnya tetep bagus, bunga2 segar nya lumayan banyak, padahal sebenernya gw gak expect banyak.. secara gw tau diri sama budjet gw, tapi savitri tetep kliatan professional, pelayanannya lumayan memuaskan.

Photo : Sueswit Photography

Gw nemuin pertama kali klo gak salah, karna baca promonya di salah satu milis wedding yang gw ikutin, trus pas ngeliat contoh2 photonya di website en multiplynya nya gw langsung suka, & yang penting pas ngeliat pricelistnya cocok.
Contoh foto2 prewedding nya gw ngeliat gaya2 nya emang gak terlalu heboh, pengambilan gambar or angle2nya emang agak biasa but bagusnya di olah digital nya foto2nya jadi keren2, gw mikirnya klo secara keseluruhan acara nikahan gw sederhana walopun ada resepsi, gw pengen majang foto2 prewedding juga, pengennya foto2nya juga yg gak yg terlalu heboh biar gak kliatan kebanting sama acaranya, so dari contoh2 fotonya sih emang suka.

Pertamanya gw agak ragu klo hire fotografer yang independent gini, bukan studio foto, takutnya dia kan cuman sendiran gitu, nanti klo pas hari H trus ada apa2 gimana, lah gak ada gantinya kan, lain klo sama studio foto yang pasti punya tukang foto banyak. But gw mikir untungnya sama fotografer yang independent gini, adalah kita langsung deal sama dianya, sementara klo di studio dari cerita2 temen2 yg dah pada merit& yg gw baca2 juga di web, byk yg punya pengalaman klo ambil dari studio photo gak jamin hasilnya, sekalipun ambil di studio yg udah punya nama karna meraka kan punya byk photografer, sementara photo yg dipajang di iklan, pameran, or di studionya pastinya yg terbagus, & photografernya lain2, kadang walopun udah deal minta photografer si x misalnya, bisa seenaknya digantiin sama yg lain, or yg lebih parah ada juga yg ngelempar order ke studio photo lain, yg reputasinya gak sama sama dia, tanpa sepengetahuan kliennya, biasanya karna jobnya udah penuh hal2 itu adi bahan pertimbangan gw juga.
dan, sebenernya yg terutama juga masalah biaya sih hehehhh.. gw liat2 di studio photo biayanya mahal2 kan, padahal mungkin gak bisa jamin juga sama hasilnya, karna biaya itu kan gak masuk ke kantong fotografernya, tapi mungkin justru lebih banyak masuk ke kantong owner studionya, nah klo fotografer independen pertimbangan gw harga yg klien bayar ya ongkos jasa foto + biaya produksi utk albumnya aja.
Dari foto prewedding & weddingnya gw ngambil dari dia semua, dari harga yg dipricelist masih dikasih diskon lagi, lumayan emang, jauh banget lah harga2 yang di studio2 foto gitu.
Untuk hasilnya, overall gw suka, cuman sebenrnya sih gw expect lebih. Untuk foto preweddingnya, emang cocok sih sama acara wedding gw yg sederhana as I inform previously, but untuk wedding2 yang rada heboh or mewah gitu kayanya kurang cocok, gaya2nya harus lebih kreatif lagi kayanya. Gw ngeliatnya sih untuk fotografer ini nih bangus nya di candid, karna emang angle2nya baguus2, desain albumnya juga bagus, yang paling gw sukadari desainnya adalah klo ngegabungin 2 photo dalam satu frame yg gak pake separator, hasilnya jadi keren banget.
But ada suatu insiden yg bikin kecewa, lumayan sedih nih.. foto2 midodaren & akad nikah gw ilang, karna computer si fotografer kena petir katanya jadi foto yg ada, adanya resepsi aja, untuk akad nikah nya sih ada sedikit but justru momen2 yang penting kaya ijab kabulnya gak ada, juga foto2 make up prosesnya pas pagi2, padahal dia udah dateng ke rumah gw dari jam 4 pagian.
Ini juga sih salah satu yang gw kawatirin sebelomnya, mungkin klo pake studio foto akan lebih professional karena dia kerja secara organisasi dan ada supervisi pastinya, kalo independent kan kerjanya sesuka hati since yang ngawasin gak ada.
Gw gak bilang seenaknya sih, since sebenarnya dia cukup professional juga kok datengnya tepat waktu, dan hasil2 foto nya bagus2. Untuk preweding yg ambil sekitar gak sampe 2 minggu sebelum hari H, dan milih2 foto untuk didisplaynya beberapa hari sebelum hari H, dan semuanya itu gak ada yang meleset, hasilnya ok.
Untuk case foto yang ilang ini gw anggep aja musibah or incident yang emang bisa terjadi kapan aja or dimana aja, walopun gw tetep gak bisa gak kecewa. Untungnya hasil videonya bagus, banyak angle2 yang diambil secar close up or model candid gitu, akirnya foto2 midodaren & akad nikah di capture dari video weddingnya, dan alhamdullialh lumayan bisa mengobati kekecewaan.
Walpoun sebenernya mau expect lebih dari fotonya, since akir dari semua acara mau sehebat or sebagus apaun acaranya, gak akan ada bekasnya tanpa ada dokumentasi kan dan foto tuh menurut gw dokumentasi yg paling penting, lebih penting dari video bahkan. Karena menikmainya lebih gampang daripada video kan. Dan menuruit gw angel candid dari fotografer ini nih bagus banget dari contoh2 foto proses make up tuh bagus2, dan gw pengen tau banget hasil foto2 gw pas lagi prose make up tuh gimana..

Video : Eleven Empire Video Production

Vendor ini, vendor terakhir yang gw hire.
Ketemunya di pameran wedding di plaza tunjungan, Surabaya, sekitar sebulan sebelum hari H.
Dah hunting2 beberapa vendor sebelumnya, lewat internet dan beebrapa dikirimin contoh2 videonya juga, tapi gak ada yang sreg banget.
Kalo kliatan bagus banget hasilnya, budjetnya gak nyampe, tapi klo yang nyampe hasilnya jauh .. biasa banget.
Gw pengen yang hasilnya oke tentunya, but rada dilemma juga karna keseluruhan acara wedding gw hanya sederhana, banyak acara yg gak dipake, gw pikir klo pake vendor yg kemahalan rasanya sayang.. secara sebenernya gak banyak momen yg harus didokumentasikan.

Untuk vendor ini dari haga yang ditawarin pertamanya sih..gak nyampe budjet gw, tapi setelah nego2 karena gw gak pake acara wedding adat jawa yg full, acaranya cuman midodaren, akad nikah, dan resepsi, tanpa siraman dan upacara pangginya.. akirnya deal meski gw mesti nambahin juga.

Overall, vendor ini adalah salah satu dari vendor terbaik gw, karna kerjanya yang sangat professional tentunya. Padahal gw gak pernah ketemu lagi setelah deal harga dan DP dipameran, ketemunya langsung pas hari H nya aja, komunikasi cuman lewat telpon & smsan, sekiitar semingguan sebelum hari H nya gw baru kasih jadwal susunan acara lengkapnya via fax since gw di Jakarta.
Pas hari H nya juga dateng tepat waktu, cara kerja dan peralatannya juga kliatan sangat professional.

Dan yang penting hasil jadinya tentu.. gw puas.
Hasilnya bagus, gak ngebosenin, jadi video yang enak ditonton, angel pengambilan gambarnya juga bagus banget, banyak yg model2 candid gitu, gw gak nyangka sebenrnya sinceacara gw kan gak banyak, but momen2 yang ditangkap dikemas nya menarik, jadi hasilnya ok.

Sayang yg agak kurang menurut gw, gak ada menu interview kaya model2 video wedding yang lagi musim sekarang, gw gak keinget waktu dealnya.. gw ak tau apa karna emang vendor ini gak pernah memproduksi video yg pake interview gitu or karan emang harga untuk gw gak termasuk menu itu didalamnya.. yah karna waktu nemunya emang udah mepet, so gw emang banyak kelupaan hal2 en pernik2 kecil, salah satunya yg ini.

Undangan : design by Studio Hijau

Gw ngeliat semua undangan2 wedding yg ada kok kayanya samaaa semua, terutama kaliamt yang dimasukin, kok jadi kaya kewajiban klo udangan kawinantuh harus begini or begitu. So gw penegn yang gak biasa.

Design nya dibuat sama adek gw yg mana anak design graphis ..
Pengannya yang special tapi gak mau juga yg terlalu heboh. Pengen yang unik en minimalis. Dari kata2 or kalimat yg dimasukkin ke undangannya gw emang pengen seminimalis mungkin tapi cukup informatif, gak banyak kalimat kaya undangan2 umumnya, juga bentuk hurufnya harus lain.
Untuk kata2 yang dimasukkin di undangannya, gw terinspirasi sama contoh undangan yang pernah gw liat disalah satu majalah wedding, cuman contoh yang gw liat itu dalam bahasa inggris, so untuk undangan gw ini gw terjemahin pake bahasa Indonesia, meski gak sama persis karna agak susah nyari padanan bahasa Indonesia nya.
Adek gw juga rada pusing sama request gw since kata2 nya harus minimalis, tapi pengen masukin puisi segala hehehh..
But akirnya bisa juga dibikinin design yg ok, tetap ada pusinya, foto, informasinya lengkap, ada petanya juga, & kelengkapan unsur islami tentunya, but tetep minimalis, Gw suka banget sama designnya, menurut gw sangat ok..

Untuk vendor2 yang lain gw gak bisa bahas banyak, kaya souvenir, catering, etc since, semuanya totally diurusin sama nyokap, dari milih2 sampe dealnya gw gak terlibat sama sekali, cuma terlibat bayarnya hehehe ..hik

Akhirnya .. Alhamdullilah ..

Pre wedding Indoor – STUDIO 55, Raden Saleh, JKT

Layanan yg kita ambil sebenernya bukan paket prewedding, tapi di studio ini namanya FOTO COUPLE, jd sebenerya sih cuma foto studio biasa aja. But hasilnya cukup memuaskan sih, gw paling suka sebenernya sama make-up & hair do nya, kita berdua jadi kliatan beda banget walo warna yg dipake soft, kerjanya juga cepet lagi, jadi sayang waktu mo ngapusnyaπŸ˜€

Yang rada ga sreg justru layanan after salesnya, customer service sih baik2, tp mrt gw kurang helpful dan ada satu yg rada belagu. Pokoknya intinya kita mesti rada2 proactif nanya2, jadinya kapan, karna meraka janjiinnya mo di telpon tapi ternyata gak nelpon2 klo gak gw yg nelponin.

Over all, hasilnya cukup memuaskan, walo mrt gw masih sedikit agak mahal.

Tinggalkan Balasan

